RSS

Farewell

17 Jan

Smile though your heart is aching 
Smile even though it’s breaking. 
When there are clouds in the sky you’ll get by.

If you smile through your pain and sorrow 
Smile and maybe tomorrow
You’ll see the sun come shining through for you.

Saya mendapatkan penggalan lagu itu pada status saya di Facebook delapan tahun yang lalu. Entah apa yang saya alami sehingga saya menghibur diri dengan lagu tersebut.

Hari ini saya kembali ingin mendengarkan lagu itu, meresapi setiap kalimatnya, untuk menguatkan diri. Sudah seminggu saya patah hati, karena akan ditinggalkan oleh rekan kerja yang lulus seleksi ASN di Perguruan Tinggi Negeri. Bukan hanya satu orang, tapi lima orang sekaligus. Bahkan ada tiga puluh orang dari kampus tempat saya bekerja yang juga lulus seleksi ASN.

Bukannya saya tidak berbahagia atas pencapaian mereka. Konon menjadi ASN itu sulit. Dan jika mereka berhasil artinya kualifikasi mereka teruji. Setidaknya melewati tes-tes komputer yang sulit dan serangkaian tes berikutnya. Tapi yang namanya ditinggalkan itu nggak pernah enak. Apalagi ditinggalkan oleh rekan kerja terbaik. Saya kira kami sudah menjadi satu tim yang solid. Ternyata menjadi ASN jauh lebih menggiurkan.

Saya menyayangkan kemudahan berpindah bagi dosen swasta yang sudah ber-NIDN, ber-jabatan fungsional, ber-sertifikasi, bahkan ada yang ber-jabatan struktural menjadi ASN di PTN. Ibaratnya sudah susah-susah menanam pohon, buahnya dinikmati oleh orang lain.

Hari ini mereka datang dengan membawa surat pengunduran diri. Rasanya kayak menerima surat putus sama pacar yang masih kita sayangi. Hanya saja, benar kata Eka: solusi dari ditinggal (kawin) itu apa kecuali MERELAKAN???

Well…so long, fellas. Sukses di tempat kerjamu yang baru.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 17, 2019 inci entahlah...

 

One response to “Farewell

  1. Ceritaeka

    Januari 17, 2019 at 3:27 pm

    Aku paham sekali rasa iniiiii. Ya ampun. Peluk erat duluuuu. Btw kita sekian lama berteman di blog belum pernah jumpa euy….

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: