RSS

Jadi Mahasiswi Lagi

09 Jul

*waduh… banyak sarang laba-laba*

Sejak punya blog buku, saya akui blog yang satu ini jadi ga keurus. Postingan masih untung kalau sekali sebulan πŸ˜€

Anyway… sesuai dengan judul postingannya, kali ini saya mau cerita tentang “jadi mahasiswi lagi”. Yang profesi-nya dosen seperti saya pasti sudah tahu kalau ada aturan DIKTI yang bilang kalau 2015 nanti, semua dosen yang masih S1 bakal dicoret namanya dari database-nya DIKTI. Saya yang masih bergelar Sarjana Sains ini pun kebat-kebit. Makanya diniatkanlah untuk lanjut sekolah lagi di tahun ini.

Berhubung saya dosen biologi, sekolahnya pun harus ngambil biologi. Dan lagi-lagi berhubung saya dosen, saya punya kesempatan melanjutkan studi menggunakan beasiswa BPPS khusus buat dosen. Tadinya pilihan saya ada 2, di UNAIR dan di UGM. Pertimbangannya kalau di UNAIR, jaraknya lebih dekat trus bisa dapat pengalaman baru. Lagian saya belum pernah tinggal di Surabaya πŸ™‚ Kalau pilihan kedua di UGM, ya karena saya alumni dari sana. Dan setahu saya satu-satunya universitas di Indonesia yang punya Fakultas Biologi hanya di UGM.

Setelah konsultasi dengan mantan dosen pembimbing waktu S1 dulu, beliau menyarankan agar saya “balik” lagi ke UGM saja. “Biar ga susah adaptasinya, Des… Lagian kita banyak proyek lho…“, kata beliau. Dengan rekomendasi akademik dari beliau dan seorang Profesor Biologi di UNM (kolega di kampus), saya mengirimkan berkas pendaftaran ke Program Pascasarjana UGM.

Berikutnya adalah test PAPs dan AcEPT. Sebagai syarat diterima di Program Pasca Sarjana UGM harus punya skor PAPs (Potensi Akademik Pasca sarjana) 500 dan skor AcEPT (Academic English Profisiensy Test) 209. Kalau yang PAPs itu saya ga begitu kuatir, tapi yang AcEPT ini bikin deg-degan. Belum pernah ikut test macam itu sih… biasanya hanya TOEFL aja. Sebenarnya kalau punya skor TOEFL di atas 450 bisa dikonversi langsung nilainya. Tapi punya saya udah kadaluwarsa 2 tahun… πŸ˜› Yah… harus ikut test.

Modal nekat. Asli. (eh… dibantu juga sama contoh soal AcEPT dari adek kelas di SMA dulu). Saya pun ikut test di tempat dan waktu yang sudah ditentukan. Tes pertama PAPs, Alhamdulillah… bisa dikerjakan semua. Tes kedua AcEPT, jangan ditanya… mumet habis. Tapi ya dijawab aja setahunya. Yang ga tahu, ditebak aja… hehe… Kalau nanti diterima dengan syarat harus mengulang AcEPT ga apa-apa deh… asal lulus aja. Itulah isi doa saya waktu mengumpulkan lembar jawaban ke panitia.

Menunggu sebulan lebih, tibalah waktu pengumuman. Kalau menurut informasi awal pengumumannya dikeluarkan di minggu ke IV bulan Juni 2012. Sejak tanggal 24 Juni setiap hari saya ngecek di internet. Sampai tanggal 29 Juni belum juga ada pengumuman. Berhubung di minggu terakhir Juni saya ada tugas dinas ke Makassar, jadinya perhatian saya sempat teralih.

Tanggal 29 Juni malam, saat lagi lembur ngerjain proposal di Makassar, hubby ngirim MMS dengan judul “Lulus”. Di foto yang dikirimnya ada pengumuman kelulusan saya. Buru-buru saya buka internet… dan iya..ada pengumuman saya lulus di PPs Biologi UGM. Senangnyaa!! Bonusnya lagi saya ga perlu ngulang tes PAPs maupun AcEPT-nya. Terima kasih Tuhan πŸ™‚

Sekarang tinggal nunggu pengumuman beasiswa BPPS dari DIKTI. Semoga bisa lolos juga…

Ah… jadi mahasiswi lagi, jadi “warga” Jogja lagi… Sekarang nyari kost-kostan dulu deh… Ada yang bisa ngasih info? :mrgreen:

 
17 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 9, 2012 in tentang saya

 

17 responses to “Jadi Mahasiswi Lagi

  1. putripwu

    Juli 9, 2012 at 3:39 pm

    Oh… Jadi tes yang pernah mbak Desty bilang di twitter hari itu, tes ini toh..

    Ya… Selamat ya mbak… Jadi ngiri pengen sekolah lagi… Ihik…

    Btw… Rumahnya mbak di Palopo, tetap ada orang walaupun mbaknya udah pindah??? Takutnya kiriman bukunya nyampe jauh setelah si mbak di Yogya…

     
    • desty

      Juli 9, 2012 at 5:14 pm

      iya, put.. di Palopo aku tinggal di rumah ortuku kok.. jadi bakal tetap ada yg di Palopo πŸ™‚

       
  2. helvry

    Juli 9, 2012 at 11:35 pm

    selamat ya mba desty,
    semoga bisa ketemu nanti kalau pas maen ke jogja πŸ™‚

     
  3. devieriana

    Juli 10, 2012 at 8:39 am

    Whiii, selamat jadi mahasiswa lagi, Jeung… Semoga semuanya lancar yak :mrgreen:

     
  4. warm

    Juli 10, 2012 at 12:21 pm

    wahh.
    selamat datang (lagi) di jogja

    ah pas tes AcEPT ga tau kalo sih kalo pas ada di jogja, kalo tau kan bisa disamperin mbak πŸ˜€

     
    • desty

      Juli 10, 2012 at 1:42 pm

      saya tesnya di makassar mas… πŸ˜€

       
  5. westy

    Juli 12, 2012 at 10:42 pm

    selamat des, jd mahasiswa lg… tp seandainya kamu dftr d unair kt bs ktmu n mgkn 1 kos jg hahahahaha.. sy jg lg lnjt spesialis d unair… eniwey, slamat skali lg …

     
  6. ratna

    Agustus 28, 2012 at 1:56 pm

    waaah….asik ne…saya juga ambil tes ne

     
  7. Akang Doni

    Oktober 12, 2012 at 10:36 am

    Wah seru…
    Yang comment temen2 sendiri. Kayak di kos putri. Klo pada ketemuan langsung pasti rame, kayak di pasar hi…hi…

    Suwerrr…. Tes AcEPT UGM memang susah betul. Saya udah 4x belum lulus juga. Sabtu depan mau coba lagi.
    Lumayan dapat website bagus, bisa buat referensi.
    Ini saya share aja http://www.acept.org

    Doain saya lulus… 😦

     
  8. Anna Syahrani

    Oktober 18, 2012 at 11:35 am

    salam kenal mbak…
    udah dapet kos-kos an nya belum…?
    saya berencana ikut yang semester genap ini…
    mudah-mudahan bisa mengikuti jejak mbak…jadi mahasiswi lagi πŸ˜€

     
  9. Admin

    Oktober 26, 2012 at 11:13 am

    Mohon ijin mencantumkan link di website http://www.acept.org
    sebuah website yang berisi semua informasi tentang tes AcEPT UGM.

    Terimakasih

     
  10. Fitrianah

    November 1, 2012 at 8:13 am

    Yah, saya malah belum lulus tes AcEPT nih. Belajar dulu ah…

     
  11. Gimanto

    November 1, 2012 at 8:15 am

    Yang penting belajar giat… pasti bisa!!
    Keep struggling..

     
  12. Winarni K Suprimardani

    November 6, 2012 at 2:44 pm

    jadi klo jalan2 ke jogja, bisa hubungi kak desty nih.

     
  13. Malik

    Januari 6, 2013 at 12:28 am

    Mba desty,,,mhn do’anya ya biar bs kya mba,bsk mw ikut tes AcEPTx tgl 16…
    ow ya,,bs mnt contoh soal Acept + PaPsnya gak mba??
    klo bisa dkrimin lwt email ya..(baim_loteng@yahoo.com)
    sekalian sama nopenya mba desty,biar bs kita samperin lgsung kekosnya,,hiks,

     
  14. CHRIS

    Oktober 27, 2014 at 9:27 pm

     

Tinggalkan Balasan

 
