RSS

Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

20 Mar

Rak buku saya kembali penuh. Bagaimana tidak, pelarian saya dari stress itu ya membaca buku… Tidak heran setiap bulan saya pasti belanja buku. Apalagi sejak bergabung dengan Blogger Buku Indonesia, tiap habis blogwalking, keinginan membeli buku itu semakin meningkat. Belum lagi di halaman facebook yang tiap hari selalu ada info buku baru dari penerbit. *sigh*

Kembali ke rak buku, beberapa buku yang sudah saya baca menjadi penghuni setia rak buku. Maksud saya, buku-buku itu tak pernah saya baca lagi. Kalau memang tidak diniatkan untuk dikoleksi, pengennya buku-buku itu berpindah tempat saja. Pernah kepikiran untuk dijual saja, sampai pasang lapak di blog sebelah. Tapi ternyata ga begitu laris. Jadinya mereka masih setia menghuni rak buku.

Sampai akhirnya saya menemukan link situs keren ini. Namanya pinjambuku. Di situs ini, anggotanya mengunggah buku-buku yang mau mereka pinjamkan ke orang lain, kemudian mereka juga bisa meminjam buku dari sesama anggota. Bukunya dipinjamkan dengan sukarela, gratis (kecuali masalah ongkos kirim yang tergantung kesepakatan antar anggota). Karena isi buku lebih bernilai dibanding fisik buku itu sendiri.

Trus gimana dong dengan buku yang kita pinjamkan? Bisa balik ke kita ga? 

Pada dasarnya buku yang mau kita pinjamkan itu sudah “diikhlaskan”. Buku itu akan beredar dari satu anggota ke anggota lainnya, seluruh nusantara. Kalau misalnya nanti kita mau baca lagi, ya kita “pinjam” lagi ke anggota yang membaca terakhir kalinya. Pokoknya saling percaya antar anggota aja lah… 🙂

Hanya bermodalkan mengunggah satu buku saja, kita sudah bisa minjam buku dari anggota lain. Kemarin saja saya ngunggah sekitar 15 buah buku lebih, eh langsung “laris” 10 buku… Saya sendiri baru minjam 3 buku dari anggota lain. Belum berani minjam banyak-banyak. Bukan apa-apa sih… hutang bacaan saya masih numpuk juga 🙂

Ide berbagi buku seperti ini sebenarnya sudah banyak di beberapa media sosial. Tapi sejauh ini, saya baru mengikuti pinjambuku saja. Berbagi memang tidak pernah rugi. Malah sangat menguntungkan. Saya bisa membaca buku-buku tanpa perlu keluar modal buat beli buku. Hobby saya terpenuhi, stress saya terobati, rak saya jadi lapang… (bisa jadi alasan buat beli buku lagi….*plaaak*) :mrgreen:

Jadi… kamu mau ikut berbagi?

PS. Dengan ini lapak bukunya resmi ditutup. Iya… buku-bukunya ga jadi dijual, mau dipinjamin aja…

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 20, 2012 in lihat..baca..dengar, tentang saya

 

Tag: , , ,

2 responses to “Karena Berbagi Tak Pernah Rugi

  1. Imelda

    Maret 20, 2012 at 8:14 pm

    Kalau dari Jepang pasti lebih murah beli buku daripada pinjam buku. Soalnya ongkirnya maha; 😀

     
  2. warm

    Maret 21, 2012 at 2:02 pm

    info menarik ini, ke tekapeh 😀

     

Tinggalkan Balasan

 
