RSS

Berburu Buku

15 Jan

Akhir tahun 2011 kemarin, ada beberapa hal yang aku syukuri sudah terjadi dalam hidupku. Salah satu diantaranya adalah bergabung dengan komunitas Blogger Buku Indonesia. Dan hal ini tidak akan terjadi, jika saya tidak membuat akun di Goodreads.

Logo Blogger Buku Indonesia

Semenjak bergabung dengan BBI dan mempunyai blog buku, saya jadi lebih “rapi” dalam membaca. Buku-buku yang saya baca bisa saya dokumentasikan, walaupun di antara buku-buku itu lebih banyak yang saya pinjam daripada beli sendiri. Saya juga mulai melatih diri menulis resensi buku, dan memberikan komentar atas buku yang saya baca. Hasilnya, 156 buku di tahun 2011 bisa saya baca.

Di tahun ini, saya menargetkan lagi 150 buku untuk dibaca. Lalu dimana saya bisa mendapatkan bacaan sebanyak itu? Jelas tidak mungkin kalau  saya membeli semua buku itu untuk dibaca. Selain meminjam (pada siapa saja), cara lain adalah tukaran buku.

Saya sendiri mulai tertarik untuk ikut menukar buku. Walaupun ada rasa sayang dan tidak tega melepas koleksi buku, tapi ada baiknya buku itu berpindah tangan daripada jamuran di rak buku. Dengan saling bertukar buku, saya mendapatkan buku yang belum saya baca, dan begitupun sebaliknya. Tentunya harus ada kesepakatan antara dua pihak, mirip seperti barter. Tukaran buku dimulai dengan menawarkan daftar buku yang ingin ditukar, kemudian melihat daftar keinginan (wishlist) teman, dan jika ada yang cocok, mulailah transaksi tersebut.

Cara ketiga adalah membeli koleksi buku teman. Biasanya buku itu dilepas dengan harga miring. Namanya juga buku bekas. Cara ini biasanya ditempuh, kalau ternyata ga ada buku yang bisa saling dipertukarkan. Tentu saja masih dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Atau ikut kuis-kuis yang berhadiah buku baik dari penerbit, penulisnya langsung atau dari para blogger buku. Seperti yang diadakan oleh Mbak Truly, Stephanie, dan Okky.

Dengan cara-cara di atas, sampai pertengahan bulan ini saja, saya sudah mendapatkan 17 “buku baru” untuk dibaca di tahun ini. Ohya, yang mau mengintip buku yang mau saya swap/sale ada di sini.

Selamat berburu buku baru!

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 15, 2012 in jalan-jalan

 

Tag: , , , ,

4 responses to “Berburu Buku

  1. warm

    Januari 16, 2012 at 11:53 am

    17 buku baru ? jd penasaran ama pilihan judul2nya 😀

     
  2. andipandora

    Januari 17, 2012 at 7:43 am

    wah keren..jago lahap buku ni, salut deh

     
  3. Zian X-Fly

    April 13, 2012 at 2:02 am

    hy kamu yg suka buku, yuk mampir2 ke toko saya di BukuMurah.net 🙂
    banyak buku2 bagus lo, dan dijamin deh murah2..

     
  4. Dinda

    September 13, 2012 at 12:04 pm

    mba, cara biar bisa jd member BBI tu gmn ya??

     

Tinggalkan Balasan

 
