RSS

Ulang tahun di Facebook

20 Des

Saya bergabung di facebook pada tahun 2008. Sedikit telat memang. Sebagaimana layaknya pengguna facebook, saya mencantumkan beberapa data diri yang saya anggap tidak masalah jika diketahui oleh orang lain. Salah satunya adalah mencantumkan tanggal lahir. Seperti yang diketahui semua orang, Facebook akan menyimpan tanggal tersebut dan memperingatkan pada teman-teman kita (di facebook, tentunya) bahwa si A berulang tahun pada hari ini. Kemudian, sebagian besar teman akan beramai-ramai menuliskan ucapan selamat ulang tahun. Mulai dari yang agak panjang macam “Hai… Selamat ulang tahun… Semoga yang terbaik selalu buatmu” sampai yang paling singkat seperti “HBD. WUATB”. (Apa coba?)

Nah.. selama tahun 2008 sampai dengan 2010 saya selalu mendapatkan ucapan-ucapan serupa setiap tanggal 20 Desember. Wall saya sampai penuh… biasanya saya akan membalas satu per satu perhatian tersebut dengan mengkomentari setiap status ucapan yang masuk. Mulai dari yang serius, sampai dengan yang hanya berbasa-basi. Kalau ucapannya agak panjang, balasannya bisa panjang juga. Tapi kalo nulisnya cuman “HBD”, cukuplah dibalas “Tx”🙂

Selama itu juga, ucapan selamat semakin menipis yang masuk ke hape. Paling hanya dari keluarga dan kerabat dekat . Yang mengucapkan langsung juga ga banyak.

Tahun ini saya tidak menampilkan tanggal lahir saya di situs sejuta umat itu. Dan benar saja, wall saya “bersih” dari ucapan selamat ulang tahun. Bahkan beberapa teman yang saya yakin mereka mengingat hari jadi saya pun tidak lagi mengucapkan selamat ulang tahun. Kenapa saya yakin? Karena sebelum facebook ada, mereka masih sering mengucapkan selamat ulang tahun pada saya.

Ketika hubungan pertemanan menjadi “online”, kita akhirnya bergantung pada fasilitas-fasilitas online tersebut. Misalnya seperti mengingat hari ulang tahun teman. Bagaimana kalau teman kita merasa terlupakan di hari berbahagianya hanya karena tidak ada notifikasi dari facebook yang sampai ke wall kita?

Syukurlah saya bukan orang tersebut. Ada kecupan selamat ulang tahun dari suami di saat bangun tidur, keluarga yang berkumpul, duduk berdoa bersama sebelum menyantap hidangan sederhana seperti “mie panjang umur” atau ayam goreng gratisan dari Colonel Sanders, adalah hal terindah di hari jadi saya.

Dan… hm… saya jadi bisa tahu mana diantara teman-teman saya yang benar-benar memperhatikan saya, bukan?

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 20, 2011 in tentang saya

 

Tag: ,

2 responses to “Ulang tahun di Facebook

  1. tikeu

    Desember 23, 2011 at 5:58 am

    Huwahhh…. Maafkannn…. Diriku termasuk yang lupaa… *feeling guilty*😦
    Happy belated birthday yaaaa, Desty… I will always remember you as one of my very best friend.. ever.. *pelukpeluk* *kangen*

     
  2. warm

    Desember 30, 2011 at 10:25 am

    walao telat, selamat ulang tahun,😀

     

Tinggalkan Balasan

 
