RSS

Camellia sinensis

25 Agu

Membaca judul di atas beberapa orang pasti sudah tahu, apa arti dari kedua kata tersebut. Apalagi kalau sudah pernah belajar Biologi. Kata yang indah itu merupakan nama Latin untuk teh. Umumnya nama-nama spesies dalam bahasa Latin itu terdengar indah. Misalnya saja Musa paradisiaca untuk pisang, Hibiscus rosa-sinensis untuk kembang sepatu, Felix domesticus untuk kucing, dan Columba livia untuk merpati.

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan paket dari Pond’s Institute berupa sample produk terbarunya yaitu Pond’s White Beauty Natural dengan tambahan ekstrak daun Camellia. Sebagai orang biologi saya tahu yang dimaksud pada produk tersebut adalah ekstrak daun teh, apalagi setelah membaca di kemasannya tertulis Camellia sinensis leaf extract. Yang agak mengherankan bagi saya, baik di iklan televisi maupun media cetak tidak pernah disebutkan tentang daun teh. Selalu disebut Camellia leaf.

Saya teringat dengan postingan seorang teman saya di blognya tentang Periplaneta americana extract. Di sana dia menyebutkan tentang sebuah produk shampoo yang menggunakan ekstrak dari spesies tersebut. Tapi tahukah anda, spesies apa itu? Kecoak. Ya. Periplaneta americana adalah nama latin dari kecoak. Bisa anda bayangkan menggunakan produk dengan ekstrak kecoak di dalamnya (terlepas dari segala manfaatnya).

Kembali ke produk daun teh tadi. Bagaimana jika seseorang yang tidak tahu apa itu Camellia leaf menggunakan produk tersebut padahal dia alergi dengan teh? Mungkin orang itu tergiur dengan iklan yang menyatakan kulit akan putih bersih setelah menggunkan produk dengan teknologi terbaru itu. Okey… sebut saya terlalu mengada-ada dan berlebihan. Tapi menurut saya informasi tentang kandungan produk harus lebih jelas. Tidak ada salahnya kan menggunakan bahasa Indonesia, sekiranya produk tersebut akan dipasarkan di Indonesia.

Tidak semua orang seperti saya (dan mungkin kamu) yang mengetahui istilah-istilah asing mengenai produk tertentu. Lebih banyak orang yang hanya mengandalkan visual saja (lewat gambar) untuk menerka isi / kandungan dari produk yang digunakan. Dan tidak semua orang mau repot-repot untuk mencari tahu. Selain menjadi konsumen cerdas, pihak produsen juga lebih baik memberikan informasi yang penuh mengenai produk yang dipasarkannya.

Gambar dari sini

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 25, 2011 in lihat..baca..dengar

 

Tag: , , ,

One response to “Camellia sinensis

  1. HANIFAH

    Desember 23, 2013 at 3:51 pm

    Terima kasih atas informasi yang sangat penting, saya selalu mencari tahu terjemahan dari istilah latin dari suatu produk, ternyata kalau kita asal membeli produk mengerikan sekali bahan2 yang digunakan dalam proses produksi.. semoga boleh berbagi ilmu biologi lainnya yang lain.. seperti saya sedang mencari literatur tentang manfaat daun Patat Phrinium Pubinerve bl, mungkin boleh di share ilmunya.. tks

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: