RSS

Opera Mini 6 di Nokia 5530XM

06 Apr

Dulu saya pernah membahas tentang Opera Mini (OM) 5 di sini. Sekitar 2 hari yang lalu, lewat blognya mastein, saya dapat info kalo OM 6 sudah dirilis. Aih.. kemana saja.. ternyata rilisnya akhir Maret 2011.

Anyway… mulailah saya mendownload OM 6 langsung dari browser Nokia 5530XM. Cukup ke situsnya http://m.opera.com, langsung terdeteksi jenis OM mana yang compatible dengan hapemu. Untuk Nokia 5530XM yang mempunyai OS Symbian, aplikasi yang diberikan adalah yang berekstension *.sis. Yang saya gunakan ini adalah aplikasi symbian yang hanya 989Kb saja. Jadi downloadnya ga lama, dan langsung terinstal ke hape. Setelah utak-atik sesaat, saya menemukan ada kelebihan dan kekurangan dari OM 6.

Kelebihannya, OM 6 lebih user-friendly untuk hape yang dilengkapi dengan touchscreen. Tampilannya sedikit berbeda dengan OM 6 untuk hape non-touchscreen. (Bisa dilihat di video ini) Trus di OM 6 ada fasilitas Share. Jadi kalau lagi buka halaman website tertentu bisa di-share ke situs jejaring sosial yang kita punya, misalnya twitter dan facebook. Memang sih beberapa situs sudah melengkapi setiap postingannya dengan fasilitas share seperti ini. Tapi kalo ga ada? OM 6 jawabannya 🙂

Ada juga kelebihan lainnya yaitu fitur “mencubit” untuk memperbesar gambar. Tentu saja ini berlaku hanya untuk layar sentuh yang multi-touch. Di Nokia 5530XM belum bisa.  Trus bisa download video atau yang lainnya langsung lewat OM 6. Bisa juga buat nonton Youtube lho.

Kekurangannya adalah di ukuran font-nya. Saya pake ukuran medium. Tapi kok ya masih kecil di mata saya ya.. Ga terlalu berbeda dengan ukuran small-nya. Ganti ke ukuran large ya kegedean. Ya sudah saya pake medium saja.

So far.. untuk membuka suatu situs mobile tidak membutuhkan waktu yang lama. Tapi ya tergantung sama koneksi internetnya juga sih. Yang pasti makin cinta sama Opera Mini :mrgreen:

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 6, 2011 in lihat..baca..dengar

 

Tag: , ,

One response to “Opera Mini 6 di Nokia 5530XM

  1. mas stein

    April 6, 2011 at 6:31 pm

    dan saya juga baru tau kalo halaman web yg kita pernah simpen ternyata ndak ilang walaupun aplikasinya kita hapus. cukup instal opmin yg baru, arahkan ke folder tempat penyimpanan.

     

Tinggalkan Balasan

 
