RSS

Apa bedanya katak dan kodok?

09 Okt

Jadi ceritanya suatu pagi saya mau mengajarkan tentang amfibi di kelas biologi. Malam sebelumnya, saat ngobrol dengan si abang (baca : suami) via telpon, tiba-tiba terjadilah percakapan berikut :

Saya     : “Bang, apa bedanya katak dan kodok?”

Abang   : “Oooh… katak itu banyaknya di air dek… Kalau kodok banyaknya di darat.”

Saya     : “Kenapa begitu?”

Abang   : “Ya iyalah… coba.. mana ada mobil katak? Adanya kan mobil kodok…”

Saya     : “ Eh?”

Abang   : (sambil nahan ketawa) “Ya kan?? Trus… mana ada pasukan kodok? Yang ada pasukan katak…”

Saya     : “Huahahaha…Serius dong bang… besok kan mau ngajar nih.. Masak ngomong gitu depan kelas

Abang   :” Iya deh… serius nih. Pernah dengar lagunya tentang Kodok?”

Saya     :” Lagu yang mana?”

Abang   :” Itu lho… Kodok ngorek…kodok ngorek… Ngorek pinggir kali…”

Saya     : (mikir) “…lha terus?”

Abang   : “ Nah itu.. kodoknya kan di pinggir kali.. nggak lompat masuk ke kali. Soalnya kodok sukanya di daratan…”

Saya       :” Jyahahaha…..”

Eh, tentu saja bukan penjelasan itu yang saya berikan keesokan harinya. Jadi dari yang saya baca dan dengar (tentunya bukan dari si Abang 🙂 ), kalo kodok itu badannya lebih lebar, (memang) lebih banyak di daratan daripada di air, badannya berbintil-bintil, biasanya disebut juga bangkong. Kalo katak badannya lebih ramping, mulus berlendir, dan lebih banyak di air.

Ada yang baru tau bedanya katak dan kodok?🙂

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 9, 2010 in lihat..baca..dengar, Ngerumpi

 

Tag: , ,

6 responses to “Apa bedanya katak dan kodok?

  1. christin

    Oktober 9, 2010 at 5:57 pm

    saya baru tau…😳

     
  2. Cheap Silver Jewlry

    Oktober 15, 2010 at 1:03 am

    This is the wonderful thing i spend long time to find it.

     
  3. tikeu

    Oktober 18, 2010 at 2:08 pm

    katak = Nara sp. –> badan lebih kecil, kulit licin
    kodok = Bufo sp. –> badan besar, kulit kasar

    dr nama ilmiah nya aja udah beda..

    *buka buku SPH*

    wkwkwk..^^

     
    • desty

      Oktober 19, 2010 at 6:49 pm

      Katak itu Rana sp.. tik… bukan Nara😀

       
  4. devieriana

    Oktober 19, 2010 at 1:34 pm

    oh ya? aku pikir kirain katak itu ya nama lainnya kodok.. salah ternyata😆

     
  5. tikeu

    Oktober 27, 2010 at 2:56 pm

    huahahaha.. maaphh… typo… *ditendang!*

     

Tinggalkan Balasan

 
