RSS

Battery Alert

28 Agu

Sudah setahun lebih, saya menggantungkan diri pada notebook HP Compaq Pressario CQ20-326TU. Tidak ada masalah. Nyaris.

Sampai dua hari yang lalu, saya menemukan tulisan seperti ini pada saat booting startup.

HP BATTERY ALERT:
The system has detected the storage capacity of the battery stated below to be very low.
For optimal performance this battery may need to be replaced.
Primary (internal) bettery [Error code 601]

ENTER – Continue Startup

Selama 15 detik, saya terpana. Bingung. Sampai akhirnya kemudian si notebook kembali melanjutkan kehidupan dan fungsinya. Yah, untuk ukuran orang yang agak “telat” soal hardware notebook, tentu saja saya panik. Masa sih harus ganti battery? Kan baru setahun lebih 2 bulan. Kalo ga ganti, apa yang bakalan terjadi ama notebook saya?

Langsung saja saya masuk ke forum-nya Laptop Compaq & HP di Kaskus (yup… Kaskus selalu jadi pertolongan pertama untuk kebingungan saya soal hardware). Posting pertanyaan, nunggu 10 menit sudah ada jawaban.

Ternyata HP Compaq memang dengan baik hati memberi tahu kepada pengguna jika battery sudah dalam keadaan drop. Kalau ga diganti, ya harus mengandalkan adaptornya. Sedikit repot memang.

Langkah selanjutnya, mencari pengganti batterynya. Cari yang jualan online, ketemu situs ini. Hanya mereka cuman menjual battery kompatibel, bukan yang original. Katanya sih ga ada masalah pake yang kompatibel. Tapi (lagi-lagi) menurut Kaskuser, battery kompatibel hanya bisa bertahan sebulan (kasus pada CQ-40) kemudia dayanya menurun lagi.

Sampai sekarang saya belum memutuskan untuk membeli battery pengganti. So far, battery yang udah mulai drop ini masih tahan 15 menit terhitung dari kondisi full charge.

Ada yang punya pengalaman sama? Sharing dong…🙂

UPDATE:

Nggak tahu ada hubungannya apa nggak, belum sampai sebulan sejak baterainya dapat peringatan, adaptornya mulai bermasalah. Arus listrik ga bisa masuk, jadinya laptopnya ga bisa dipake gara-gara baterai udah nge-drop. Udah keliling sekota Palopo ga nemu juga adaptor dengan jack central (jacknya gede, ga seperti adaptor pada umumnya). Akhirnya pesan adaptor + baterai di sini. Dapat murah, layanannya cepat. Recommended store deh pokoknya…

 
18 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 28, 2010 in lihat..baca..dengar

 

Tag: , ,

18 responses to “Battery Alert

  1. setitikharapan

    Agustus 28, 2010 at 9:50 pm

    Makasih infonya, kebetulan sya pun mengalami hal yang sama. Mungkin penggunaan baterai yang tidak sesuai aturan yang menyebabkan hal ini.🙂
    thanks for share..

     
  2. warm

    September 3, 2010 at 8:11 pm

    kalo saya, kalo makenya lama
    mending batre-nya dilepas, trus dicolok langsung pake adaptor
    tapi jangan sampe mati listrik sih🙂

     
  3. Riza-Arief Putranto

    September 20, 2010 at 12:28 pm

    ganti laptop???😀

     
  4. nadiafriza

    September 30, 2010 at 5:10 am

    wah saya udah asam garam tuh kalo soal baterai laptop rusak, Acer sih hehhe

     
  5. tamim

    Oktober 17, 2010 at 11:07 am

    samalah batray hp saya juga gitu masalahnya, tp sampai sekarang saya juga belum tau gimana solusnya, sampai sekarang saya masih pakai batray rusaktu padaha saya baru pakai 1 tahu 2 bulan. ku coba batray test gak detek uga. apa gak ada solusi lain ya selain ganti batray

     
  6. hendi

    Desember 9, 2010 at 9:59 pm

    wssss aku juga sama-sama nie padahal laptop tu ga sampai 1 tahun aku beli kalau ada solusi ga ganti batre aku anggap saudara dehh… tooolongin ya ribet kalau pake adpeter mulu

     
  7. ranti

    Januari 3, 2011 at 3:16 pm

    kasusnya sama, malah sekarang tambah parah..
    padahal baru dicas trus ditinggal 3 jam-an, tapi batere gak mau nyimpan daya lagi…:(

     
  8. arel

    Februari 8, 2011 at 4:17 pm

    sama,mlh lebih parah lg. lp indikator pd charger ga mau nyala lg saat d colokin.

     
  9. Nurul Imam

    Mei 4, 2011 at 12:46 am

    Waduh Harus Ganti Yah ?
    Saya Juga Ngalamin Hal Sama trus harus Pake Adaptor Terus.
    Jika Di Cabut Malah Langsung Low dan Batre saya Kayaknya ngga berfungsi lagi deh

     
  10. deep

    Juli 16, 2011 at 11:58 am

    ini kok malah pada ngeluh smua ga da solusi ki piye…

     
    • desty

      Juli 17, 2011 at 11:13 am

      Solusinya ya cuman ganti aja mas/mbak. Di tulisan di atas (Update) ada saya ceritain kalo akhirnya saya ganti battrei sekalian. Kalo nggak mau ganti berarti harus dicolokin ke listrik setiap mau pake.
      Battreinya compaq rata-rata tahannya cuman setahunan lah. kakak saya yg pake compq juga begitu. Ini sekarang udah dapat peringatan lagi, hampir setahun sejak ganti battrey

       
  11. mrhajir

    November 5, 2011 at 10:30 pm

    sama dong..solusix..tinggalkan compaq, pakai laptop Asus dijamin sip…;)

     
  12. syarif

    April 8, 2012 at 12:00 pm

    cek di mari gan…
    http://supportforhp.iyogi.com/compaq/error-codes.html
    kalo dah dicoba posting ya…

     
  13. fajar Budiyanto

    September 2, 2013 at 10:42 pm

    idem semua keluhannya…tapi punyaku podo wae yang tadinya laptop malah jadi pc kemana mana harus dekat dengan PLN heeeee dari pada ganti batre mending diubah laptop jadi PC

     
  14. aktsari

    Januari 12, 2014 at 1:43 pm

    saya juga mengalami kondisi ini, terus sekarang ini kalau ngecas nggak mau jalan gambar cas, jadi awalnya arusnya jalan tapi terus tiba” berhenti di tulisan 60 %, dan arusnya listriknya jadi nggak masuk, ada solusi lain tidak selain ganti batrei?? saya butuh solusi🙂

     
  15. aktsari

    Januari 12, 2014 at 1:51 pm

    mbak desty punya facebook nggak?? mau tanya” ni ttg pengalaman mbak ini

     
  16. Andi Ariya

    April 13, 2014 at 3:48 pm

    coba dikalibrasi dulu batere nya…..
    kalo ga bisa coba instal ulang, pake OS lain, bisa jadi OS nya yang rusak sehingga pembacaan kapasitas batere tidak efektif….
    kalau tidak bisa juga silahkan lem biru

    #Lem biru = Lempar Beli Baru

     
  17. Andi Wardoyo

    Mei 26, 2015 at 3:11 pm

    coba dulu langkah langkah yang masukin ke frezer tuh

     

Tinggalkan Balasan

 
