RSS

Membuat versi cetak dari wikipedia

30 Mei

Siapa yang tidak mengenal Wikipedia? Selain Google, Wikipedia sering menjadi sumber informasi di dunia internet. Saya termasuk yang sering “bertanya” kepada  Wikipedia. Mungkin anda juga. Terkadang, jawaban dari pertanyaan saya itu perlu saya simpan di laptop, karena mungkin suatu waktu akan saya gunakan lagi. Biasanya saya menggunakan pilihan  “save as HTML file with images”  supaya gambar-gambar di halaman wikipedia itu ikut tersimpan. Yah, cukup ribet memang.

Tapi, ternyata pagi ini saya menemukan kalau di wikipedia, kita bisa mengunduh halaman wiki tersebut dalam bentuk pdf. Misalnya, saya membuka wikipedia berbahasa Indonesia. Di panel sebelah kiri ada kolom ” cetak/ekspor“. Di dalam kolom tersebut ada beberapa pilihan, salah satunya adalah “unduh sebagai pdf“. Silahkan klik, dan kemudian Wikipedia memprosesnya.

Selanjutnya muncul tampilan berikut.

Silahkan unduh (download) halaman yang telah diproses tadi. Lalu, simpan file dalam bentuk .pdf.

Tampilan dalam bentuk .pdf tentunya lebih rapih, dan memudahkan dalam penyimpanan dan pembacaannya.

Ada beberapa pilihan cetak lainnya yaitu “buat buku” dan “versi cetak”. Ternyata hal ini adalah bagian dari proyek Wikipedia yaitu Wikis Go Printable (Wiki menuju versi cetak).  Kita bisa membuat sendiri buku (versi cetak) dari halaman Wikipedia, atau dipesan pada PediaPress.  Sudah ada beberapa buku yang dibuat melalui cara ini. Jadi tidaklah berlebihan jika Wikipedia disebut sebagai Media of the Day.

Mau mencoba membuat buku?

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 30, 2010 in lihat..baca..dengar

 

Tag:

9 responses to “Membuat versi cetak dari wikipedia

  1. warm

    Mei 30, 2010 at 1:43 am

    hoo nice inpoh
    makasih 😀

     
  2. zulhaq

    Juni 1, 2010 at 9:32 am

    oh iya. jadi lebih enak ngebacanya, karena lebih rapi 😀

    mantap!!!

     
  3. satrio

    Juni 1, 2010 at 10:02 am

    Mbak Desti, makasih ya infonya, ini jelas penting
    Bisa jadi referensi bila ntar aku perlu
    kita tukeran blog ya Mbak

    Jabat erat buatmu
    salam – satrio

     
  4. satrio

    Juni 1, 2010 at 10:04 am

    Mbak ini blog ku yang kedua, yang tadi rasanya segera aku over hall, dan http://obrolanblogger.blogspot.com/ ini yang akan lebih banyak postingan nya
    salam buat keluarga Mbak Desty

    Salam – Satrio

     
  5. TamaGO

    Juni 2, 2010 at 4:21 am

    wah nggak pernah merhatiin kalo ada fasilitas itu di wikipedia

     
  6. Ceritaeka

    Juni 2, 2010 at 4:51 am

    Baru tauuuuu 🙂
    thank youuuuuu

     
  7. devieriana

    Juni 8, 2010 at 7:24 am

    sama kaya Eka, aku juga baru tahu lho.. Makasih infonya lho jeung.. 🙂
    *langsung nyobain*

     
  8. Kadek

    Juni 14, 2010 at 3:24 pm

    mbaaa, aku baru tahu bisa dibuat pdf. makasih ya infonya.

     
  9. aura kasih

    Agustus 11, 2010 at 2:20 pm

    Nice tutorial gan

     

Tinggalkan Balasan

 
