RSS

“Berubah!!”

08 Apr

They must often change, who would be constant in happiness or wisdom. ~Confucius

Kalau kita adalah superhero, berubah menjadi lebih baik, lebih keren, lebih asyik itu pastinya gampang saja. Seperti Kesatria Baja Hitam, tinggal teriak “berubah!!”, dia udah pake jubah kesatrianya dan siap melawan monster yang badannya lebih tinggi dari gedung tertinggi di Jepang. Atau kayak Superman, tinggal masuk ke dalam kotak telepon umum atau ngumpet di balik tembok, wus..wus..  CDnya yang tadinya di dalam udah jadi di luar jadi pahlawan berkostum biru-merah dengan rambut berponi khas itu, siap membasmi kejahatan. Pokoknya gampang lah. Lha kita yang manusia biasa, gimana dong?  Teriak berubah ratusan kali juga ga bakal kejadian apa-apa (palingan dibekap ama orang sekampung karena disangka udah ga waras)🙂

Katanya untuk berubah yang pertama harus punya mimpi. Bukan tidur pulas ngorok ga karuan… bukan. Maksudnya membangun pikiran untuk maju ke depan. Mahatma Gandhi punya mimpi agar India bisa merdeka dari belenggu kekejaman kolonialisme tanpa tindakan kekerasan. Bill Gate punya mimpi semua rumah tangga punya komputer yang murah dan mudah digunakan. Mimpi menimbulkan harapan, yang akan menjadi kekuatan untuk melangkah maju. Mimpi mampu mengubah hal yang bisa menjadi luar biasa, dengan kekuatan alam pikiran.

Positive thinking. Karena berawal dari pikiran, perubahan harus disertai cara berpikir positif. Jadikan kekurangan sebagai faktor penunjang kesuksesan. Beethoven yang tuli saja mampu mmenciptakan harmonisasi nada yang indah. Napoleon Bonaparte yang pendek itu bisa jadi pemimpin yang disegani. Tapi pikiran positif harus dikerjakan. Kalo dipikir aja ya ga ada gunanya. Mulailah dari kata-kata yang membangun dan bersemangat, kemudian dipraktekkan sehari-hari. Lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang mendarah daging bakal jadi karakter. Berkarakter positif saja kayaknya sudah hebat kan?

Tapi untuk berubah, ada syarat kreatif. Lah kalo sama dengan yang lain, mana kelihatan? Batu hitam, ditaruh di tumpukan batu hitam jelas ga bakal kelihatan. Coba ditempatkan di antara batu putih, kinclong dah… Kreatif tidak berarti harus berpindah ke lingkungan baru. Kata ahli kewirausahaan, be the first. Kalo ternyata ga bisa, make something newer than the first one. Kalo ga berhasil make something different. Coba lihat saja contoh sederhana , singkong goreng Tela Tela. Singkong goreng dari jaman neneknya nenek saya udah jadi makanan camilan atau makanan pokok malah. Yang jualan singkong goreng di pasar juga banyak. Tapi singkong yang satu ini dikemas dalam bentuk yang lebih menarik. Sekarang sudah bisa jadi franchise.

(FYI.  Ini bukan promosi, hanya sekedar contoh karena kebetulan lagi ngemil singkong😀 )

Kalau sudah bisa berubah, dan meninggalkan kebiasaan dan sifat lama, tinggal meningkatkan ketekunan.  Dalam menjadi seseorang yang baru pastilah tidak mudah. Teman lama bisa mencibir, orang lain bisa bilang “lo nggak mampu deh…”. Tapi kalau dikerjakan dengan tekun, pastinya akan terlewati. Tinggal menunggu waktu sampai semua orang berkata, “eh si anu itu udah berubah lho. Dia jadi lebih baik, lebih keren, pokoknya asyik deh…

Kenapa sih kita harus berubah? Karena alam semesta dan segala isinya pastinya mengalami perubahan. Tidak mau ketinggalan kan? Atau ada yang mau dibilangin manusia purba? Hehehe

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada April 8, 2010 in entahlah..., Ngerumpi

 

Tag: , , ,

8 responses to ““Berubah!!”

  1. mas stein

    April 8, 2010 at 4:07 am

    selain itu sebisa mungkin mimpinya terukur mbak, jadi bukan mimpi kosong. kalo target terukur, sumber daya dan kekurangan kita juga terukur, niscaya mimpi itu bukan sesuatu yang terlalu jauh untuk dijangkau.

     
  2. tikeu

    April 8, 2010 at 7:40 am

    ….bermimpilah…. karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi mu… *sang pemimpi mode on*.. ^^

     
  3. alid abdul

    April 8, 2010 at 8:42 am

    “berubahhh,, ranger merah” hehehe…
    terkadang lingkungan tidak bisa menerima perubahan,,,

     
  4. warm

    April 9, 2010 at 4:25 pm

    postingan yg menohok🙂

    makasih ya

     
  5. venus

    April 19, 2010 at 9:30 pm

    betul betul betul… aku salah satu yg percaya bahwa segala sesuatu berawal dari mimpi. serius.

    nice post. keren, des😀

     
    • desty

      April 27, 2010 at 10:50 pm

      ini memang terinspirasi olehmu mbok…

       
  6. Ifan Jayadi

    April 27, 2010 at 1:14 am

    Untuk berubah, seseorang juga harus memiliki mental yang kuat dengan lingkungan sekitar yang mungkin menolak perubahan tsb

     
  7. devieriana

    April 29, 2010 at 4:07 am

    Berubah itu mesti diniatin, masa iya jadi orang yang begitu-begitu terus. Rh tapi kalo dulunya sudah bagus mah jangan diubah ya.. Kalo bisa lebih bagus lagi..😉

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: