RSS

Saudaranya Ngerumpi nambah satu

07 Jan

opojal

Sore ini, seperti biasa, saya mengunjungi situs Ngerumpi.com.  Pas ngelirik di bagian bawah, saya melihat ada yang baru lagi di sana. Saudaranya Ngerumpi nambah satu lagi. Opojal.com. Karena penasaran, saya langsung ke situs yang baru itu. Belum banyak artikel di sana. Wajar saja, baru lahir kan?

Yang menggelitik benak saya sehingga menimbulkan banyak pertanyaan adalah profil dari situs itu. Menurut yang tertera di sana, Opojal.com adalah media alternatif bagi warga Semarang atau yang merasa punya ikatan dengan Kota Semarang di manapun berada untuk saling berbagi, mencari informasi dan bersosialisasi.

Kenapa Semarang? Apa istimewanya kota itu sampai dibikinkan situs khusus ala Ngerumpi?

Masih penasaran, saya mengklik “Tentang” di situs itu. Lha? Penjelasannya kok beda ya. Jadi di sana terulis seperti ini

Dunia kulinari (culinary) atau kuliner memang tak hanya sekadar soal rasa di lidah. Dia juga soal rasa di mata, rasa di hati. Bahkan sering juga melibatkan totalitas jiwa kita dalam menikmati sajian makanan ataupun ketika menciptakan suatu masakan.

Pola konsumsi dan penyajian makanan berkembang seiring dengan menipisnya sekat-sekat wilayah geografis dan selera. Karenanya konsumen mempunyai ruang yang luas dalam memilih apa yang disantap dan di mana akan melangsungkan ‘ritual’ kuliner itu.

Ruang itu kini diperlebar dengan hadirnya Opojal.com. Informasi tidak lagi sepihak. Pengalaman, pengetahuan dan wawasan Anda tentang dunia kulinari atau kuliner leluasa dituangkan dan dibagi di sini. Mungkin itu adalah resep pertama Anda, pengalaman tak terlupakan dinner di suatu tempat, perjalanan bersama keluarga menikmati cita rasa makanan dari daerah lain atau bisa juga tentang trik rahasia telor dadar istimewa Anda.

Semuanya bisa langsung Anda bagi dan nikmati, di Opojal.com.

Hmm… agak aneh menurut saya. Rada ga nyambung gitu. Tapi kalau mau disambung-sambungkan bisa juga. Kesimpulan saya jadinya adalah situs ini tentang kuliner di Semarang (?).

Iya, saya riwil banget… hehe.. Mungkin karena baru lahir, jadi masih “agak aneh”. Tapi media ini unik juga, kita bisa tahu tentang Semarang dari sudut pandang yang berbeda dan beragam. Semoga nanti ada bakal ada muncul “saudara-saudara” yang lain. Untuk Yogyakarta, misalnya.

Menurut anda, bagaimana?

diposting juga di sini

Iklan
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2010 in lihat..baca..dengar, Ngerumpi

 

Tag:

4 responses to “Saudaranya Ngerumpi nambah satu

  1. Kampret Nyasar

    Januari 13, 2010 at 11:48 pm

    Hello Mbak Destym

    Bicara soal kuliner, nampaknya ini bisa menyabungkan berbagai aspek dan ragam manusia.. meski awal konteksnya nggak nyambung seperti penilaianmu itu.. lain Semarang, lain juga Monrovia,… kita-kita keluarga merah-utih yang bertugas di negeri si bau kelek ini.. dpersatukan kuat melalui acara gelar kuliner.. 😀

    Ayo kapan gabung kesini, cerita di email ya.. gimaa rencana d 2010. Salam hangat dari afrika barat!

     
  2. pernikahan adat

    Januari 16, 2010 at 1:33 pm

    opojal.com?? baru tahu pak, coba kesana ah..
    salam dari pernikahan adat Indonesia.

     
  3. elia|bintang

    Januari 17, 2010 at 5:14 am

    lah saya malah baru tau.. menarik juga tuh kalo situs kuliner! tapi mungkin bebas sih dimananya.. kl di semarang aja, yg lain susah buat ikutan dong :mrgreen:

     
  4. OpoJal.Com

    April 7, 2010 at 1:37 am

    halaman tentang sudah dibenerin sekarang dan sudah byk artikel…monggo di cekidot

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: