RSS

Bicara pada tempatnya

14 Des

Sudah pasti semua orang ingin didengar. Cerita, keluhan, pengalaman, curhat, apapun itu. Terkadang dari apa yang kita dengar itu, baik ataupun buruk,  pasti menambah pengetahuan kita. Hanya saja, kalau berbicara tidak pada tempatnya bisa membuat orang yang mendengarnya kesal dan menghindar.

Banyak cara yang ditempuh untuk itu. Salah satunya membuat blog. Blog ini juga terlahir karena alasan yang sama, ingin berbagi. Tetapi terkadang apa yang saya sampaikan di sini kurang mendapatkan respon seperti yang saya inginkan.

Karena itu, saya bergabung di salah satu komunitas di dunia maya ini yang bernama Ngerumpi. Tentang Ngerumpi (dan dua saudaranya Politikana dan Curipandang) sudah pernah saya bahas di sini. Teknologi Web 2.0 yang digunakan oleh ketiga situs di atas memungkinkan kita berbagi cerita dan mendapatkan tanggapan atau respon dari apa yang kita ceritakan. Tidak jarang dengan adanya aksi-reaksi seperti itu, rasanya kita sudah mengenal user (pengguna situs) lainnya walaupun belum pernah bertatap muka. Di Ngerumpi, misalnya, saya menemukan sebuah keluarga baru yang penuh warna, perhatian, dan kasih sayang (selain info menarik tentang perempuan tentunya).

“ Ngerumpi kan tentang perempuan? Malas ah membahas politik… ngomongin seleb juga ga doyan”

Tenang saja. Masih ada “adik-adik” dari tiga bersaudara tadi.

Mau ngomongin soal masakan atau berbagi info tempat kuliner yang menarik? Ada Langsungenak. Yang baru belajar memasak juga bisa cari resep-resep gampang di sana.

Mau ngobrol soal film dan audio visual? Pergi ke Bicarafilm. Siapa tahu bisa bertemu sutradara atau produser film di sana.

Kalau soal bola? Ada di Bolaria. Daripada merusuh di stadion setiap ada pertandingan antar kesebelasan, lebih baik merusuh di sana saja😀

Masalah kehidupan bersama (publik) dibahas di Publikana. Belajar jadi jurnalis bisa lho di sana. Atau sekedar menumpahkan uneg-uneg soal publik dan pelayanannya.

Para pria biasanya tertarik membicarakan soal gadget atau peralatan elektronik. Ayo, kumpul di Gdgtgw (baca : gadget gue). Jadilah gadgeterian yang semakin gaul dengan berbagi informasi seputar gadget yang kamu miliki.

Buat adik-adik mahasiswa, ada Persma (Pers Mahasiswa Indonesia). Silahkan menulis di sana, saling menyapa, berdiskusi terutama soal pendidikan. Karena menulis  adalah cara yang hebat untuk melawan lupa.

Masih mau? Ada Cicak. Situs terbuka yang dikelola oleh Yayasan Solidaritas Pelangi Cinta Indonesia ini merupakan wadah diskusi dan pertukaran informasi yang digerakkan secara swadaya, dengan tujuan bahkan impian terwujudnya Indonesia yang terbebas dari korupsi.  Tularkan semangat antikorupsi agar semua pihak akhirnya peduli sekaligus malu dengan praktik korupsi.

Belum puas?? Bagi pengguna sepeda motor bisa bergabung di Duaroda. Kenapa sepeda motor? Karena sepeda motor sudah menjadi potret sosial kendaraan di Indonesia. Silahkan berdiskusi soal sepeda motor di sana. Biar ga asal starter motor trus kebut-kebutan di jalan raya.

Mungkin ke depannya akan dibentuk situs-situs lainnya yang berbasis forum seperti ini. Mari bercerita dan berbagi. Pintu terbuka lebar bagi siapa saja, dimana saja. Pertama-tama menjadi tamu, akhirnya akan menjadi keluarga.

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 14, 2009 in lihat..baca..dengar

 

Tag: , ,

4 responses to “Bicara pada tempatnya

  1. desty

    Desember 14, 2009 at 4:37 am

    wuih…panjang….!! Btw, udah 11 bersaudara dong jadinya *hitung-hitung*🙂

     
  2. ngupingers

    Desember 14, 2009 at 5:15 am

    wah..maksih infonya yawwww

     
  3. Eka Situmorang-Sir

    Desember 23, 2009 at 10:29 am

    Woooow! Lengkap bener des🙂

     
  4. dewira

    Januari 5, 2010 at 4:09 am

    ayo berkunjung ke ngerumpi lagi donk Mba, sumbang tulisan🙂

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: