RSS

Review : Jakarta Atas Bawah

16 Jan

(sama seperti tulisan sebelumnya…tulisan ini juga harus diselamatkan dari rumah lama)

Buku benny-mice yang terbaru udah terbit. Judulnya Jakarta Atas Bawah, diterbitkan oleh Nalar. Bulan Agutus, di shoutbox blog lama aku dikasih tahu ama ”Leo” kalo buku itu mau terbit. Ternyata bisa pesan dulu, dan harganya diskon. Tapi dapat email pemberitahuan bukunya dah terbit, aku malah ga bisa transfer. Pasalnya pagi itu, ATM BCA-nya ngadat. Habis itu lupa deh…

Kemarin sore ke Gramedia, bukunya udah ada. Langsung samber, bayar ke kasir. Malamnya baca buku itu sambil ketawa-ketawa (Ga mungkin ga ketawa baca buku itu). Walaupun udah sayup-sayup matanya, rasanya sayang melepaskan buku itu sampai halaman terakhir.

Isinya ga beda jauh ama ”Jakarta Luar Dalam”, yaitu kumpulan kartun-kartun mereka di koran Kompas Minggu yang dibukukan. Dengan tema-tema yang sederhana, kumpulan kartun itu jadi ”satire” bagi pihak-pihak tertentu. Bahkan ada tema khusus seperti ”Ramadhan can be fun” dan ”Cihuuuuy..Masuk TV!!!”. Kayaknya sengaja diterbitkan di tengah bulan Ramadhan ini.

Aku baru tahu, kalo ternyata ide kreatif mereka dicontek ama tanyangan-tv-sitkom-yang-ratingnya-ga-tinggi. Aku ga pernah liat, tapi menurut penerbit dan penulis, itu ga pake minta izin ke mereka. Setidaknya cantumin sumber ide-nya lah… Tapi orang-orang juga ga bisa dibodohi kok… Kartun benny-mice tiap minggu di koran Kompas tuh udah terkenal banget dan jadi yang ditunggu setiap minggu. Jadi kalo ada yang coba-coba melakukan plagiat, ketahuan deh…

Di bagian belakang buku itu ada sub judul ”komentar dari dunia maya”. Waktu aku baca komentar pertama, kok kayaknya kenal ama tulisan itu. Ternyata saudara-saudara…itu tulisanku !! Kyaaaaa… tulisanku dimuat di bukunya be-mi!! (Uh…serasa jadi penulis terkenal deh…hehe). Pantesan aja kemarin dihubungi duluan ama penerbitnya.

Tapi sayangnya, link yang tercantum disana adalah link blog versi lama. Tapi kalo mau baca tulisanku tentang be-mi itu klik di sini. Tapi kayaknya lebih seru baca yang di bukunya be-mi yang baru, ”Jakarta Atas Bawah” (hehe..narsis plus promosi). Murah kok, hanya 30rb rupiah aja, bisa buat hilangkan stress berkali-kali. Dijamin !!!

Ohya, yang mau ngomongin benny & mice datang ke forumnya aja. Ada di sini.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 16, 2009 in lihat..baca..dengar

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: