RSS

Benny & Mice

16 Jan

(tulisan ini diselamatkan dari sini..tulisan ini berharga karena sempat dibukukan oleh Nalar. Berhubung penguasa rumah lama tidak memperkenankan saya memindahkan seluruh isi rumah, jadi saya menyelamatkan sebagian isi rumah lama saya.. ada yang bisa membantu saya memindahkan komentar yang ada di sana?)

Aku tidak pernah mau membeli komik. Aku lebih memilih untuk memnjam atau baca di toko buku. Tapi waktu melihat komik kartun Benny & Mice ”Jakarta Luar Dalam” di Gramedia, aku langsung memasukkan ke kantong belanja tanpa berpikir panjang.

Semua orang (yang pernah baca koran Kompas edisi hari Minggu) tentu kenal Benny & Mice. Tokoh kartun ini unik karena merupakan comic strip dari kartunisnya. Dalam artian kedua kartunis tersebut muncul bersama dalam sebuah komik dengan mengangkat tema-tema seputar issue yang lagi hot di Indonesia, atau Jakarta secara khusus. Ide-ide mereka yang dituangkan secara sederhana dalam komik tapi punya arti yang dalam. Hal yang tidak mungkin aku lewatkan dalam Kompas Minggu.
Buku komik kartun Benny & Mice (sampai sekarang aku masih bingung bacanya mi-ce atau mais, tapi aku lebih memilih untuk melafalkannya dengan mi-ce) berisi kumpulan komik-komik yang dimuat di Kompas Minggu. Sebanyak kurang lebih120-an edisi terangkum dalam satu buku. Penerbitnya (Nalar) sendiri berharap kumpulan komik ini akan abadi seperti halnya keabadian sebuah buku, dibandingkan dengan koran yang hanya berumur 1 hari. Sehingga orang akan terus mengingat Benny & Mice, dan bisa tertawa bersama mereka kapanpun dan dimanapun (selama ada buku itu tentunya…)

ccc

Sebenarnya ada edisi lebih lengkap dan panjang, yaitu Lagak Jakarta yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia sebanyak 6 serial dari tahun 1997-1999. Sekarang buku itu dicetak ulang (di Gramedia Bogor baru ada serial 1 dan 2). Ada niat juga untuk megoleksi ke-6 serialnya..tapi baru sebatas niat. Karena yang ini harganya lebih mahal..hehe..

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 16, 2009 in lihat..baca..dengar

 

Tag: ,

One response to “Benny & Mice

Tinggalkan Balasan

 
