RSS

Raditya Dika terjebak

09 Jan

Di antara blogger, siapa sih yang tidak mengenal Raditya Dika? Seorang anak manusia yang mengklaim dirinya sebagai kambing jantan. Saya pribadi, mulai melirik blog setelah membaca buku pertamanya itu.

Anyway…kemarin saya membaca di blognya Dika kalau dia akan muncul di acara fenomenal Bukan Empat Mata, yang notabene adalah acara pengganti dari Empat Mata yang sempat dilarang tayang beberapa waktu lalu. Tentu saja saya tidak melewatkan kesempatan untuk melihat penampilan baru Dika, setelah katanya menjalani operasi mata.

Jam 9 malam teng..acara dimulai. Tukul dengan guyonan jayus bin maksa-nya membuka acara bertemakan “Hi-tech”. Katanya malam itu akan menampilkan orang-orang yang mendukung tema itu. Sesaat aku berpikir, apa hubungannya Dika dengan Hi-tech? Oh, mungkin bagi Tukul dan teamnya membuat blog itu termasuh Hi-tech.

Bintang tamu pertama yang dimunculkan adalah Feby Febiola.  Di sini dia sebagai seorang artis yang sudah lama tidak kedengaran kabarnya, ternyata mempunyai sebuah blog (pagi ini aku searching blognya Feby ga nemu juga). Mulailah Tukul bertanya, apa itu blog, apa aja yang ditulisnya di blog, apa Feby punya gadget lain. Dari daftar pertanyaan Tukul, kelihatan banget acara ini sangat maksa menampilkan Feby sebagai seorang yang Hi-tech. Apalgi sepanjang acara Feby terlihat sangat bosan dan tidak interaktif.

Bintang tamu kedua, Evie Tamala.  Dia didaulat muncul di acara ini karena juga mempunyai website (tapi masih dalam tahap perbaikan katanya). Evie mengaku membuat website karena ingin seperti Shania Twain atau Al-Pacino yang punya website prbadi..(jayussss). Anehnya Tukul lebih banyak menanyakan tentang kehidupan pribadi si arits lawas ini.

Bintang tamu ketiga, yang sekaligus membuatku ingin segera mematikan TV kalau saja tidak menunggu Dika, adalah Raffi Ahmad.  Dia masuk ke studio dengan membawa handycam dan blackberry, trus ngajak Tukul foto-foto. Cara tertawanya yang dibuat-buat malah membuat dia semakin bloon. Apalagi waktu Vegha menodong Raffi untuk menyanyi, untuk membuktikan bahwa Raffi bisa menyanyi, Raffi menolak dengan alasan lagi sakit (atau ga pede nyanyi sendirian tanpa BBB). Wah…penyanyi apaan itu?

Akhirnya yang ditunggu datang juga. Tepat seperti yang ditulis Dika di blognya bahwa mungkin acaranya dimulai jam 10 malam, Dika baru dikeluarkan jam segitu. Begitu masuk, Dika langsung bagi-bagi ember plastik (pasti itu script dari team Bukan Empat Mata), trus kayang di depan penonton. Penonton cuma diam, apalagi Tukul malah berkomentar “apa ini, kok malah kayang-kayang kayak gitu..aneh-aneh saja?”. Padahal aku udah ngakak di kamar ngeliat si Dika melakukan ritual wajibnya itu. Akhirnya Dika menjelaskan kalau banyak fansnya yang selalu minta dia kayang di setiap talkshownya, atau ada juga fansnya yang kayang berjamaah untuk dia.  Anehnya Tukul sebagai host acara itu malah ga tahu sama sekali siapa Raditya Dika. Malah si Vegha yang banyak melontarkan pertanyaan kreatif ke Dika, mengenai blognya yang dibukukan.

Terakhir, ditampilkanlah di TV Plasma, beberapa situs terkait si bintang tamu. Ada blog dan facebooknya Feby, facebooknya Raffi, website Evie, dan facebook Empat Mata. Blog Raditya Dika yang terkenal itu TIDAK ditampilkan. apalagi screeshoot facebook-nya.

Dengan teramat sangat kecewa, aku mematikan TV. Raditya Dika sudah terjebak diantara orang-orang yang “dipaksa” mengaku Hi-tech. Menurut aku di acara itu, yang seharusnya blogger sejati adalah Dika, malah dijadikan pelengkap penderita. Aku yakin team kreatif Bukan Empat Mata punya ide yang bagus untuk menampilkan karakter Dika. Tapi Tukul tidak bisa mengangkat ide itu. Akibatnya durasi 1,5 jam habis untuk guyonan jayus dan norak dari Tukul. Sepertinya acara ini memang untuk siTukul seorang. Kecewa!!

Iklan
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 9, 2009 in lihat..baca..dengar

 

Tag: ,

4 responses to “Raditya Dika terjebak

  1. Sundea

    Januari 11, 2009 at 3:43 am

    Halo Desty … salam kenal juga … =D

    Dea nggak nonton “Bukan Empat Mata” seri yg itu, tapi Dea kebayang, kok, kalo format begitu bikin blogger kecewa …

    …banget…..

     
  2. joesatch yang legendaris

    Januari 12, 2009 at 1:04 pm

    sepertinya saya lebih dulu dapet pencerahan, mbak, kalo acara itu memang sekedar one-man show. saya sadarnya udah dari awal2, lho :mrgreen:

    sebenarnya saya juga ga suka acaranya…tapi demi melihat raditya dika

     
  3. Prita

    Januari 14, 2009 at 4:25 am

    begitulah kalau cuma kejar tayang. Jadi kehilangan esensi..

    tapi komentar emang gampang. Kalau melakoni jadi awak produksi yang deadlinenya tiap hari, secara pribadi aku bisa maklum kok.

    intinya, nggak usah berharap banyak dari acara televisi!

    ^_^

    awak produksinya mungkin udah punya konsep matang..tapi hostnya ga bisa menjalankan konsep itu…

     
  4. neng fey

    Januari 16, 2009 at 5:34 am

    orang yang suka nonton tipi kan kenalnya cuma 3 artis sebelomnya, yang ga pernah baca buku apalagi buka internet ga akan tau si radit deh kayana

    tapi kamu tahu raditya kan??

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: