RSS

Recehan

07 Jan

Sudah lama aku mengumpulkan uang receh sisa kembalian belanja.  Biasanya saya masukkan di bekas botol air mineral kemasan 1 liter. Tahun 2006 sejak berpacaran dengan Jojo, kami makin rajin mengumpulkan recehan. Tujuannya buat membeli kado pada saat kami ulang tahun (ulang tahun kami hanya berbeda 2 minggu). Pada tahun itu, dari hasil tabungan kami, aku mendapat kado kaos dan training, sementara Jojo mendapat kado kemeja batik dan kaos kaki. Seorang teman yang mengetahui cara kami mendapatkan dana membeli kado seperti ini terinspirasi membuat cerpen untuk kami.

Tahun 2007, kembali kami mengumpulkan recehan. Kali ini tujuannya membeli sebuah kompor gas portable. Di kuartal ketiga tahun yang sama, kompor gas akhirnya menjadi salah satu isi kamar kostku.

Tahun 2008, usaha mengumpulkan recehan sedikit terhambat.  Jojo berangkat ke Papua, sementara aku lebih sering menggunakan recehan itu untuk pelengkap ongkos naik angkot yang seharga Rp2.500,-.  Tapi lama kelamaan, membawa receh di dalam dompet terasa merepotkan, akhirnya recehan itu aku tinggalkan di dalam kotak plastik di kamar.  Suatu waktu, telah terkumpul kurang lebih Rp 70.000 (sebagian besar pecahan 100 dan 200), dan uang itu aku gunakan untuk belanja di minimarket dekat kostku. Kenapa belanja pakai recehan? Karena aku sebal selalu mendapat kembalian permen. Jadi setidaknya saya membantu mereka mendapatkan recehan.

Kebiasaan mengumpulkan receh terus berlanjut. Tadinya akan aku gunakan untuk belanja di minimarket itu lagi kalau sudah banyakan. Sampai aku menemukan sebuah situs tentang menjadi coiners dan coindropper dalam suatu gerakan Coin A Chance! Apa itu? Silahkan menjelajah ke sana. Yang pasti, lewat gerakan ini aku mendapat jalan keluar yang sangat baik untuk recehan-recehan yang sudah aku kumpulkan. Tanpa berpikir panjang, aku memutuskan ikut bergabung di dalamnya, dan memasang bannernya di blog ini.

Aku yakin, kamu juga punya recehan.  Beranikah kamu berbuat sesuatu dengan recehanmu?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2009 in lihat..baca..dengar

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

 
